Menciptakan branding untuk toko komputer anda dalam semalam memang hal
yang sulit, tapi kalau untuk seminggu atau sebulan, saya kira saya punya
solusinya. Berikut kiat-kiat sehat untuk mengembangkan brand toko
komputer yang kuat ala Malcolm Gladwell Wimkhan.
1. Datangi calon konsumen anda.
Kesuksesan
di dunia memang bukan milik para pemalas. Jika anda ingin calon
konsumen anda berbelanja di toko kebanggan anda, maka aktif lah
berpromosi di lokasi strategis tempat calon konsumen anda berpusat.
Untuk yang mengincar segmen mahasiswa, kegiatan dan lokasi yang masih
bernuansa kampus adalah hal yang tepat. Ingin merangsek para pelajar?
Jangan ragu untuk datang langsung ke sekolah-sekolah. Anda ingin menjual
produk ke para santri? Ya langsung ke pesantren. Bagaimana kalau target
market anda adalah para pegawai negeri? Mudah saja, beriklanlah di
acara-acara yang sering digelar oleh departemen-departemen atau BUMN. Di
seminar boleh, simposium bisa, diskusi panel atau workshop juga oke.
2. Beri mereka insight bukan price list.
Well,
hampir semua toko komputer membuat daftar harga barang dagangan mereka.
Tapi jarang ada yang mau memberikan insight bagi calon konsumennya.
Jika anda masih bingung dengan bentuk konkrit insight, maka saya
anjurkan anda untuk segera membeli majalah-majalah komputer seperti
CHIP, Info Komputer, Info Linux, PC Media, Macworld, dan sejenisnya.
Setelah anda membeli salah satunya, carilah rubrik review produk. Sebuah
ruang dalam majalah yang acap digunakan untuk membedah baik-buruk suatu
produk. Bagi anda yang tidak suka membeli majalah, anda tetap bisa
mencari review sejenis dari beberapa situs atau blog di internet, Make
Mac adalah salah satu contoh bagus untuk memulai.
Setelah anda
mengetahui baik dan buruk suatu produk dari majalah-majalah itu, anda
sebaiknya jangan tinggal diam. Ringkaslah review tersebut untuk konsumen
anda. Beri mereka pengetahuan yang mendalam sekaligus objektif tentang
beberapa produk sekaligus. Apa kelebihan produk X? Apa kekurangannya?
Untuk siapa dan apa produk X diciptakan? Adakah alternatifnya?
Jika
anda sudah selesai membuat ringkasan. Langkah selanjutnya adalah
membuat flyer atau brosur yang didesain dengan cantik dan enak dibaca.
Ingat, flyer ini bukan untuk anda, tapi untuk calon konsumen anda. Jadi
alih-alih meletakkannya di toko komputer anda, anda sebaiknya
membagi-bagikannya secara gratis kepada calon konsumen anda. Buruan,
mumpung toko komputer lain masih tidur. Zzzz…..
3. Buatlah pancingan!
Seperti
yang sudah saya ungkap di artikel sebelumnya, pancingan adalah hal yang
sangat penting. Di dalam flyer yang anda buat tadi, pasanglah
pengumuman yang mencolok. Beritahu calon konsumen anda bahwa di toko
anda sedang ada promo untuk sebuah produk yang sangat mereka gemari.
Bisa berupa flashdisk 4GB yang dibanderol miring. Bisa juga sebuah
laptop berprosesor Core2 Duo dengan harga 3,9 juta saja! Terpikir yang
lain? Kenapa tidak? Coba saja! Kan yang punya toko anda. Hehehe …..
Bantinglah
harga salah satu produk yang digemari itu. Tapi jangan membanting harga
semua produk karena saya takut anda justru akan merugi. Dengan banderol
harga suatu produk populer yang lebih murah dibanding dengan harga toko
lain, calon konsumen besar kemungkinan akan senang berkunjung ke toko
komputer anda. Diantaranya mungkin ada yang hanya berniat untuk
melihat-lihat, tapi itu tidak masalah karena toko komputer yang ramai
dengan pengunjung basanya mampu memancing para pengunjung dan calon
pembeli lain dibanding toko yang sepi. Lihatlah, saya tahu anda sendiri
sedang mengangguk-angguk bukan?
4. Pegawai yang menyenangkan.
Layanilah
para pengunjung dan calon pembeli di toko anda dengan baik. Semuanya,
baik itu kepada mereka yang sungguh-sungguh ingin membeli atau kepada
mereka yang hanya sekedar bertanya-tanya. Entah sudah berapa banyak
calon pembeli potensial yang lenyap hanya karena para pegawai anda tidak
memperlakukan mereka dengan baik ketika mereka hanya sedang ingin
bertanya-tanya. Bung, calon pembeli juga punya hati bukan? Lalu apa yang
akan terjadi kalau pegawai anda menyakiti hati mereka? Ya ke toko
sebelah!
5. Awasi after sales
Oke, sekarang calon pembeli
sudah benar-benar melakukan pembelian di toko anda. Mereka dapat
barangnya, anda dapat uangnya. Anda senang bukan? Boleh senyum tapi
jangan puas dulu! Sebagai pemilik toko komputer yang baik, anda tidak
boleh meremehkan after sales atau layanan purna jual.
Di dunia
ini tidak ada produk elektronik yang tidak membutuhkan servis. Jadi
sewaktu-waktu barang yang anda jual rusak di tangan konsumen, anda
sebaiknya sudah siap untuk melayani mereka dengan lebih baik lagi. Saya
meminta anda untuk melayani mereka lebih baik lagi karena konsumen anda
sedang sulit dan sempit hatinya. Maklum, barang yang disenanginya dan
sangat dibutuhkannya untuk bekerja sedang rusak. Hmmm….toko komputer
memang harus bisa berempati juga kali ya …
Ketika konsumen
senang, toko anda akan mendapatkan promosi gratis. Damn, we love a good
computer store and I hope your store will be one.
And that should be your mantra, isn’t it?
SUMBERNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar